Demam Hallyu Wave di Semarang

GELOMBANG Hallyu atau istilah asingnya Hallyu Wave tidak dapat dipungkiri telah melanda seluruh penjuru dunia, tak terkecuali di Ibukota Jawa Tengah, Semarang.

Ya, di kota tempat kelahiran saya ini demam Korea juga telah ‘menjangkiti’ anak-anak muda (hingga orang tua). Bahkan, saya sendiri yang merupakan Asli Semarang (sama seperti Bandeng Presto dan Lunpia) juga tertular virus ini. Kalau ditanya tepatnya sejak kapan, yaitu sejak saya mengenal Song Hye Kyo dan Won Bin di serial drama Korea ‘’Endless Love’’ sekitar tahun 2002.
Walaupun sempat vakum seperti boys/girlsband atau artis Korea yang sedang tidak menjalani syuting atau konser, tapi naluri kecintaan saya terhadap Hallyu memanggil kembali, dan saya akhirnya Comeback…!!! (eksis kembali). *sambildadahdadahsamaparafans* kemudiandilemparbotolaqua*
Membicarakan tentang minat dan kegemaran terhadap budaya lain, jangan sekali-kali menyinggung atau mengkaitkan dengan nasionalisme kepada tanah air kita sendiri (hukumnya Haram, menurut saya). Sebab, soal nasionalisme hanya hati kita yang tahu, tidak perlu dipamerkan atau digembor-gemborkan.
Ga selfie ga afdol...
Ga selfie ga afdol…
Kembali pada Hallyu Wave dan demam Korea, ternyata di Kota Semarang ini banyak sekali anak muda yang menggandrunginya. Buktinya, adalah acara ‘’Hanguk Festival 2015’’ yang diselenggarakan komunitas “Sahabat Korea Drama Lovers Semarang” di Aula Wisma Bakti Sekolah YPAC Semarang, Minggu (15/3). Ratusan anak muda tumplekblek di lokasi tersebut untuk sekadar menyaksikan lomba dance coversinging cover, dan bertemu sesama fans yang tergabung dalam komunitas yang disebut fandom K-Pop.
K-Popers dan K-Drama Lovers yang hadir di Hanguk Festival 2015
K-Popers dan K-Drama Lovers yang hadir di Hanguk Festival 2015
Pada kesempatan tersebut kira-kira ada enam fandom yang terlibat dalam acara itu, antara lain EXO L (fandom EXO), Pink Panda (fandom A Pink), Inner Circle (fandom Winner), Starlight (fandom VIXX), I GOT7 (fandom GOT7), dan Army (fandom BTS).
Grup dancer dan anggota fandom K-Pop
Grup dancer dan anggota fandom K-Pop
Lalu suasana Korea semakin kental dan terasa dengan sejumlah stan yang menjajakan pernak-pernik atau aksesoris K-Pop hingga jajanan kaki lima ala Negeri Kimchi tersebut. Sebut saja jajanan ala Korea seperti, Kimbab, Jjajangmyun, Kimchi, Bulgogi, Tteobboki dapat dinikmati di stan “Kimchi Korean Food”. Begitupun pernak-pernik, mulai gantungan kunci hingga t-shirt ada di stan “Noona Shop”.
Menu Kimchi Korean Food
Menu Kimchi Korean Food
Korea Street Food
Korea Street Food
Antri beli Korea Street Food
Antri beli Korea Street Food
Menikmati jajanan Korea
Menikmati jajanan Korea
Dan, apalah arti festival budaya Korea yang melibatkan k-popers serta k-drama lovers tanpa jeritan histeris mereka. Apalagi, saat musik menghentak dan video klip boysband kesayangan mereka diputar.
Dance cover competition
Dance cover competition
Pastinya acara yang berlangsung dari pagi hingga sore hari itu sangat mengobati hasrat para pecinta budaya Korea yang ada di Semarang. Bahkan untuk bisa mengikuti acara tersebut, mereka rela merogoh kocek Rp 35.000 agar dapat masuk ke venue.
Berkerumun di stan pernak-pernik K-Pop
Berkerumun di stan pernak-pernik K-Pop
Milih pernak-pernik Korea
Milih pernak-pernik Korea
Aksesoris Fandom
Aksesoris Fandom
Berburu koleksi K-Pop dan K-Drama
Berburu koleksi K-Pop dan K-Drama
Nah, bagi saya sendiri kegiatan ini cukup positif. Sebab, sangat memfasilitasi mereka yang memang nge-fans dan menyukai Hallyu. Bahkan salah satu pengunjung yang hadir berharap agar kegiatan ini sering-sering diselenggarakan, dan kalau bisa mendatangkan artis Korea.
Jangan lupa selfie...
Jangan lupa selfie…
hanguk9
Semoga mimpi dan obsesi kalian pada budaya Korea ini bisa tercapai yaaa…termasuk mimpi saya yang ingin mengunjungi negeri impian itu. ^^
Tak kalah narsis, saya pun tampil alay  berfoto dengan lelaki pujaan sejuta umat, Lee Min Ho
Tak kalah narsis, saya pun tampil alay berfoto dengan lelaki pujaan sejuta umat, Lee Min Ho
Narsis dulu biar makin eksis ^^
Narsis dulu biar makin eksis ^^
Acara ini juga terpublikasi di Harian Suara Merdeka halaman 32, Senin (16/3). Dan bisa dibaca di link Budaya Korea Memikat Generasi Muda

0 comments