Membuat ”Nyata” Korea Dalam 5 Menit

Brand baru pariwisata Korea

Brand baru pariwisata Korea
KOREA Selatan selalu punya cara dalam mempromosikan negerinya terutama untuk pariwisata. Berbagai upaya dilakukan dalam menarik wisatawan dari seluruh penjuru negara untuk berkunjung ke Negeri Kimchi itu. Hasilnya pun sangat nyata dalam beberapa waktu belakangan Korea Tourism Organization (KTO) Indonesia mencatat wisatawan Indonesia yang sudah mengunjungi Korea Selatan telah mencapai lebih dari 175.000. Jumlah tersebut diprediksi akan terus meningkat tiap tahunnya.
Namun hasil itu sepertinya kurang membuat puas negara tersebut. Mereka terus menyebarkan ajakan berkunjung ke Korea, salah satunya dengan membuat video promosi pariwisata Korea berjudul ‘’Imagine Your Korea 4D’’ yang dibuat oleh KTO dan CJ 4D Plex. Dalam waktu hampir lima menit pemirsa diajak menyaksikan pesona potensi wisata Korea Selatan. Tentu saja, bagi yang belum pernah ke Korea seperti saya pasti akan berimajinasi dan makin gregetan untuk segera ke sana.
Josh, actor YouTube dan Video ''Imagine Your Korea 4D"
Josh, actor YouTube dan Video ”Imagine Your Korea 4D”
Seperti kisah Josh (25) yang menjadi pemeran utama dalam video tersebut. Dikisahkan Josh sedang mengikuti casting untuk menjadi bintang film action. Tidak berhasil dalam casting, lelaki berkewarganegaraan Inggris itu pulang ke rumah. Dan sesampainya di rumah dia disarankan oleh temannya yang sedang nonton drama Korea untuk berlatih Taekwondo terlebih dahulu sebelum menjadi bintang action. Akan tetapi, tiba-tiba saat Josh bercermin ada gelombang yang membawanya dalam ruang waktu berbeda dan tahu-tahu sampai di suatu tempat, yakni ‘The Land of Morning Calm’ Korea Selatan.Screenshot 2015-02-22 18.33.44
Screenshot 2015-02-22 18.22.14
Pada video itu landmark Korea yang disuguhkan pertama adalah Museum Kepresidenan Korea, Cheongwadae Sarangchae. Lokasi wisata yang beralamat di Hyoja-ro 13-gil, Jongno-gu, Seoul itu memamerkan tentang sejarah masa lalu Korea serta kondisi negara saat ini dan harapan di masa mendatang. Josh pun dalam video tersebut sangat terkesan hingga terperangah antara percaya dan tidak percaya dimana dia berada sekarang. Untuk tahu lebih lanjut dan mau berkunjung kesana bisa mencari informasi disini dan disini.
Screenshot 2015-02-22 18.33.53Lalu setelah dari Cheongwadae, Josh terseret lagi oleh gelombang yang sama hingga mendarat di Suwon Hwaseong Fortress yang lokasinya berada di 190 Yeonmu-dong, Jangan-gu, Suwon-si, Gyeonggi-do, dia dikejar-kejar oleh prajurit istana. Hwaseong Fortress merupakan salah satu warisan dunia yang telah ditetapkan UNESCO pada 6 Desember 1997.Screenshot 2015-02-22 18.22.18Objek wisata bersejarah yang merupakan benteng dan menyatu dengan Istana Haenggung itu dulu adalah tempat kediaman sementara para kaisar dari Dinasti Joseon. Sehingga jangan heran jika saat menyaksikan video ‘’Imagine Your Korea’’ ini kalian pecinta drama Korea tiba-tiba teringat dengan drama ”Jewel in The Palace (Dae Jang Geum)”, ”The Moon That Embrace The Sun”, atau ”Rooftop Prince”. Sebab, memang di Istana Haenggung dan sekitar Hwaseong Fortress-lah drama-drama itu digarap. Nah, yang penasaran pengen kesana sambil bernostalgia dengan Kim Soo Hyun atau Park Yo Chun bisa cari info disini.Screenshot 2015-02-22 18.34.25Screenshot 2015-02-22 18.22.31Screenshot 2015-02-22 18.22.36Setelah dikejar-kejar oleh prajurit istana, Josh diselamatkan oleh seorang nona Korea berpakaian Hanbok dan dibawa di sebuah acara pernikahan tradisional di Korea House atau Hanok. Disana dia disuguhi berbagai hidangan tradisional khas Korea sambil menyaksikan tari-tarian. Sehingga dari video tersebut dapat dilihat bahwa Negara Korea masih melestarikan tradisi, budaya, dan kulinernya.
Screenshot 2015-02-22 18.23.06Screenshot 2015-02-22 18.23.29Screenshot 2015-02-22 18.35.05
Lalu ketika wajah Josh ditutup oleh topeng penari, dia sudah sampai di Dongdaemun Design Plaza. Bangunan modern nan megah serta unik yang didesain oleh Zaha Hadid dan Samoo ini merupakan ikon baru kota Seoul. Pusat perbelanjaan sekaligus tempat digelarnya acara-acara istimewa. Lokasi ini bagi saya, jelas mengingatkan saya pada dua drama Korea favorit di tahun 2014 lalu, yaitu ‘’Fated To Loved You’’ dan‘’Cunning Single Lady’’ yang syuting disana. Ingin kesana bisa klik disini.
Screenshot 2015-02-22 18.23.52Screenshot 2015-02-22 18.23.43Screenshot 2015-02-22 18.35.44
Nah, kesasarnya Josh di Korea masih terus berlanjut hingga dia menjejakkan diGarosu-gil Road. Pusat perbelanjaan elit yang menjual merk-merk terkenal itu terletak di Gangnam Sinsadong Seoul. Berbagai merk ternama Korea dan dunia di display dan di jual di kawasan tersebut. Bagi yang hobi belanja bisa singgah disini.Screenshot 2015-02-22 18.25.42
Screenshot 2015-02-22 18.25.52Screenshot 2015-02-22 18.25.47Screenshot 2015-02-22 18.36.02
Lalu setelah di Garosu-gil, Josh akhirnya sampai juga di Taekwondowon. Untuk memenuhi mimpinya menjadi aktor film action dia mempraktikkan beberapa jurus di tempat pelatihan dan pendidikan olahraga Taekwondo yang berlokasi di 1482 Museol-ro, Seolcheon-myeon, Muju-gun itu. Mau berlatih Taekwondo seperti Josh klik disini.Screenshot 2015-02-22 18.26.02
Screenshot 2015-02-22 18.26.21Screenshot 2015-02-22 18.26.10Dan akhirnya melalui sebuah jurus terbang, Josh sampai di Jejudo Island. Jejudo atau Pulau Jeju kerap disebut sebagai Hawaii-nya Korea. Hal itu karena pulau tersebut memiliki pemandangan gunung dan pantai yang serupa dengan Pulau Hawaii di Amerika. Beberapa landmark Jeju yang ditampilkan di video tersebut adalah Hallasan National Park, Seongsan Ilchulbong Peak, dan Hyeopjae Beach.
Screenshot 2015-02-22 18.26.31Screenshot 2015-02-22 18.27.37Screenshot 2015-02-22 18.27.10Screenshot 2015-02-22 18.37.56Screenshot 2015-02-22 18.27.02Screenshot 2015-02-22 18.38.11Screenshot 2015-02-22 18.39.01Hingga akhirnya Josh tersadar bahwa petualangannya di Korea itu masih sebatas imajinasi yang dia bayangkan saat berada di sebuah pesawat yang sepertinya tengah menuju ke negeri impiannya tersebut.
Screenshot 2015-02-22 18.27.22Screenshot 2015-02-22 18.27.35Screenshot 2015-02-22 18.27.30
Nah, bagi masyarakat Indonesia kini tak perlu khawatir untuk dapat merasakan pesona Korea tersebut secara jelas melalui 4DX. Sebab, video yang dibuat dengan teknologi Korea, sudah mulai diputar di Blitmegaplex Indonesia sejak 12 Februari lalu di tiga mall besar di Jakarta (Grand Indonesia, Central Park, Mall of Indonesia) dan satu mall besar di Bandung (Paris van Java). Untuk Asia Tenggara pemutaran video promosi ini rencananya akan diperluas secara berurutan, dimulai dari Indonesia, kemudian Thailand, Vietnam dan beberapa negara lainnya.
Sementara Direktur KTO Jakarta, OH Hyonjae mengatakan, pihaknya berharap pemutaran video 4D promosi pariwisata Korea ini dapat menanamkan slogan baru brand pariwisata Korea, “Imagine Your Korea”, kepada pasar Indonesia yang menyukai film tersebut.
‘’Hal ini akan memberikan dampak positif terhadap penjualan produk pariwisata Korea. Dan saya mengucapkan terima kasih kepada Blitzmegaplex yang telah meberikan izin untuk memutar video ini secara gratis sebelum pemutaran film,” tuturnya.
Jadi yang punya mimpi ke Korea (termasuk saya), please…keep dreaming, keep imagine, keep saving, keep working, and don’t forget shopping. :)

0 comments