24 Jam Eksplorasi Kuliner Salatiga



KOTA Salatiga kerap disebut sebagai kota pensiun. Terletak di antara jalur Kota Semarang dan Solo, Salatiga memiliki hawa sejuk karena diapit oleh tiga gunung yaitu Gunung Ungaran, Merbabu, serta Telomoyo.
Tidak hanya kenyamanan dan ketenangan yang dapat dirasakan saat singgah di Salatiga, kota ini juga menawarkan kuliner lezat yang bisa menggoyang lidah. Berikut rekomendasi empat kuliner yang bakal  menggugah selera para pemburu nikmat.

Soto Ayam Esto

Semangkok Soto Esto /@anggundiary

Tak afdol jika sarapan tak menyantap Soto. Kebiasaan ini sepertinya sudah mengakar bagi masyarakat Indonesia. Tidak heran jika setiap daerah memiliki Soto yang khas. Termasuk di Salatiga, jika Soto menjadi pilihan Anda untuk sarapan, singgah dan nikmati Soto Ayam Esto di Jalan Langensuko No 4. Lokasinya tepat di belakang Hotel Grand Wahid, warung Soto ini berada di sebuah rumah dan selalu ramai pembeli baik warga Salatiga atau luar kota.
Sulasmi, generasi kedua dari Marsosentiko pendiri soto tersebut melayani sendiri para pembeli yang datang. Ciri khas Soto Ayam Esto ini adalah pada kuahnya yang memakai santan dan berwarna kekuningan, karena menggunakan kunyit. Selain itu, uniknya dari soto ini adalah disajikan dengan taburan kerupuk nasi atau karak diatasnya. Sehingga, tidak heran jika rasa gurih mendominasi dalam setiap suapan soto yang masuk ke mulut kita.
Menyajikan Soto Esto / @anggundiary

Semangkok Soto Ayam Esto dihargai Rp 10.000,- . Sebagai teman makan soto, ada berbagai macam lauk yang tersaji di setiap meja seperti, sate kerang, sate ayam, sate telur puyuh, tempe, perkedel. Namun, jangan sampai tidak mencicipi Mentho, panganan dari singkong parut dan kacang tolo yang juga terhidang disana.

Empal Krispi Maju Fast Food

Rumah Makan Maju Fast Food/ @anggundiary
Memasuki jam makan siang, Salatiga menawarkan berbagai macam pilihan kuliner. Jika posisi Anda berada di pusat kota dan tidak jauh dari kawasan Jalan Jenderal Sudirman, mampirlah ke Maju Fast Food. Rumah makan di Jalan Jenderal Sudirman No 164 ini menyajikan berbagai menu di antaranya Ayam Goreng Kalasan, Galantin Sapi, dan aneka masakan sayur seperti tumis brokoli, oseng pepaya muda, dan cah sawi asin.
Empal krispi nan gurih...nyaammm/ @anggundiary
Namun, satu menu yang paling istimewa dari rumah makan ini adalah Empal Daging Sapi. Tidak seperti empal pada umumnya sebagaimana daging sapi dipotong lalu dibumbui manis dan digoreng, empal goreng dari rumah makan Maju Fast Food ini tersaji garing dan renyah. Dilihat dari penampilannya, daging sapi diproses dengan cara direbus kemudian dibumbui, disuwir dan digoreng hingga garing. Rasanya lebih cenderung gurih asin. Untuk menikmati seporsi Empal Daging Sapi Krispi, Anda dapat merogoh kocek sebesar Rp 25.000.

Jajan Kue Sus di Roti Tegal

Roti jadul di Toko Roti Tegal Salatiga / @anggundiary
Setelah kenyang makan siang, tapi masih pengen ngemil, maka tidak ada salahnya jajan! Setelah dari Rumah Makan Maju Fast Food, mampirlah ke toko sebelah. Toko Roti Tegal yang berada tepat disamping rumah makan tersebut adalah toko roti kuno yang ada di Salatiga. Berbagai macam kue dan roti jadul zaman Belanda dijual disana. Salah satu yang favorit adalah Kue Sus berisi fla terbuat dari susu, gula dan rhum. Selain itu, ada juga pastry dan roti tawar dengan tekstur yang sangat khas. Harga kue dan roti disana mulai Rp 10.000,-
Roti Tegal Salatiga / @anggundiary


Sate Sapi Suruh

Salatiga waktu malam berhawa lebih dingin dibandingkan siang hari dengan hawa sejuk. Maka, kuliner sate sangat cocok jadi pilihan untuk menghangatkan tubuh. Sate Sapi Suruh adalah kuliner khas dari Salatiga.
Sate Suruh Salatiga / @anggundiary
Dulu generasi pertama penjual sate ini berjualan di Pasar Suruh Salatiga. Kini usaha kuliner tersebut sudah dikembangkan dan dipertahankan oleh generasi ketiga. Salah satu penjualnya adalah Ngatmiyati yang berjualan Sate Sapi Suruh di Jalan Jenderal Sudirman.
Seporsi Sate Suruh / @anggundiary
Sate sapi empuk dengan bumbu manis yang disajikan dengan ketupat dan disiram sambal kacang itu dapat dinikmati dengan merogoh kocek sebesar Rp 30.000 .
Penasaran dengan kelezatan kuliner Salatiga ini dan lainnya? Yuk, langsung jelajahi ke kota ini. 


1 comments

  1. Untuk mempermudah kamu bermain guys www.fanspoker.com menghadirkan 6 permainan hanya dalam 1 ID 1 APLIKASI guys,,,
    dimana lagi kalau bukan di www.fanspoker.com
    WA : +855964283802 || LINE : +855964283802 ||

    BalasHapus