Jeroan Melimpah Ruah, Bikin Rasa Nasi Goreng Pak Bandi di Semarang Makin Mewah


 
Nasi Goreng dengan jeroan sapi khas Semarang/@anggundiary

‘'Apaaa, ada organ tubuh sapi di nasi goreng?!’’ ucap teman saya Song Young Kwan dari Korea Selatan. Dalam perbincangan kami yang tengah membahas kuliner, dia terkejut ketika saya bercerita tentang keunikan Nasi Goreng di Kotaku yang menggunakan organ tubuh sapi sebagai lauknya. Sebelumnya, Song bercerita sangat menyukai nasi goreng Indonesia. Setiap kali singgah di negeri ini untuk urusan bisnis, dia selalu tak lupa menyantap nasi goreng untuk sarapan, makan siang, atau makan malam. 

‘’Nasi goreng Indonesia enak sekali, rasanya beda, kaya rempah dan sangat spesial. Tapi saya penasaran dengan nasi goreng di kotamu, nanti kalau berkunjung ke Semarang saya akan cicipi nasi goreng yang dicampur dengan organ tubuh sapi itu,’’ tutur Song.

Nasi goreng khas Semarang yang dijajakan dari kelas gerobak hingga restoran memang memiliki keunikan. Ciri khas yang menonjol, yaitu memakai organ tubuh sapi atau kerap dikenal dengan jeroan. Memang terdengar ekstrem menyebut bahan itu, lalu membayangkan seluruh isi dalam tubuh sapi tercampur di wajan bersama nasi dan bumbu-bumbu hingga terhidang menjadi kuliner favorit nusantara yang mendunia itu. 

Penasaran ingin mencicipi atau justru mundur teratur, karena khawatir jeroan yang digunakan untuk campuran nasi goreng akan mendatangkan penyakit kolesterol atau asam urat? Tenang, penyakit itu datangnya tidak melulu dari makanan, tapi dari hati dan pikiran. #BerpikiranPositif #NikmatiHidup
Lokasi Nasi Goreng Pak Bandi di Semarang/@anggundiary

Jika ingin merasakan kelezatan nasi goreng Semarang, kalian bisa mampir ke Nasi Goreng Babat Pete Pak Bandi di Jalan Ahmad Dahlan Semarang atau tepatnya di depan Rumah Sakit Telogorejo (Semarang Medical Center). Lokasi tersebut berada di pusat kota dan tidak jauh dari Lapangan Simpang Lima. Sepiring nasi goreng dengan jeroan yang melimpah bercita rasa khas kota ATLAS disajikan disana. Kita bisa memilih jeroan apa saja yang ingin dicampur ke dalam nasi goreng.

‘’Semua jeroan sapi, mau babat, usus, paru, limpa, ginjal semua ada. Mau babat saja, usus saja, atau campur semua jeroan bisa,’’ kata Subandi (41), pemilik warung nasi goreng khas Semarang yang sudah berjualan sejak tahun 2006 itu.

Favorit saya nasi goreng pedas pakai usus dan paru plus telur dadar. Setelah tahu pesanan pembeli, dengan cekatan Pak Bandi segera meracik dan memasak nasi goreng. 

Berbagai macam jeroan dipotong-potong untuk campuran nasi goreng/@anggundiary
Jeroan yang sudah direbus dipotong-potong dan digoreng di minyak panas. Cara itu dilakukan untuk menghilangkan bau amis jeroan, walaupun sebelumnya jeroan sudah direbus berjam-jam. 

Setelah itu, minyak untuk menggoreng diganti dengan yang baru dan bawang merah serta bawang putih yang dipotong kasar dimasukkan ke wajan.

Jeroan ditumis dengan bumbu sebelum nasi dimasukkan ke wajan/@anggundiary

Tercium aroma harum dari bawang merah dan bawang putih saat bertemu minyak panas. Selanjutnya, bumbu sambal, kecap, dan nasi putih dimasukkan. Tidak lupa juga ditambahkan lada dan garam sebagai pelengkap rasa, lalu semua bahan yang sudah masuk di penggorengan dicampur serta terus diaduk hingga meresap dan matang.
Proses memasak nasi goreng Semarangan/@anggundiary

Untuk menyajikan nasi goreng Semarang ada sesuatu yang khas. Penjualnya tidak langsung menaruh nasi goreng diatas piring, tapi piring dialasi dengan daun pisang terlebih dahulu. Cara ini untuk memunculkan aroma yang semakin menggugah selera ketika nasi goreng yang panas bertemu dengan daun pisang yang alami dan tradisional.
Daun pisang diatas piring sebagai alas nasi goreng/@anggundiary

Nah, ingin tahu seperti apa cita rasa nasi goreng Pak Bandi? Ya, seperti nasi goreng Semarangan yang sudah akrab dengan lidah saya sejak kecil. Hampir mirip dengan nasi goreng buatan nenek dan ibu saya yang memang asli Semarang. Nasi yang mengkilap berwarna kecokelatan karena telah dimasak dengan tanek atau matang penuh dan memiliki rasa gurih manis dari kecap. Rasa itu pun menyatu dengan lauk jeroan yang empuk dan kenyal yang tercampur didalamnya. Suap demi suapan nasi goreng yang masuk ke mulut meninggalkan rasa nikmat yang tak lekang. Apalagi, porsi jeroan yang melimpah, hingga suapan nasi terakhir pun masih ada yang tersisa.
Penyajian Nasi Goreng Pak Bandi di Semarang/@anggundiary 

Untuk menciptakan rasa seperti itu, lelaki asal Tuban Jawa Timur yang sudah memiliki jam terbang lebih dari 20 tahun meracik dan memasak nasi goreng itu berbagi rahasia. 

‘’Biar rasanya tidak langu atau beraroma mentah, bumbu sambalnya saya masak terlebih dahulu. Komplit, ada bawang putih, bawang merah, kemiri, cabai, dan lainnya. Disamping, bawang merah dan bawang putih yang ditumis. Intinya, kalau ingin masakan enak jangan pelit bumbu,’’ tuturnya.
Kecap asli Semarang, penyempurna masakan nasi goreng/@anggundiary
Kemudian, lanjut dia, kecap manis adalah kunci karena nasi goreng Semarangan tidak bisa meninggalkan bumbu masak tersebut. ‘’Saya cuma pakai satu merek kecap yang biasanya juga dipakai penjual nasi goreng di Semarang. Sehingga, rasa nasi goreng makin mantap,’’ jelasnya.

Maka, tidak heran jika warung Nasi Goreng Babat Pete Pak Bandi tidak pernah sepi pengunjung. Bahkan jika sedang ramai-ramainya, Pak Bandi harus menyiapkan meja kursi tambahan di luar warung. Untuk melayani pembeli dari pukul 17.00-23.00 WIB, sebanyak 27 kg beras habis dimasak. 
Subandi (41 tahun) sedang memasak pesanan pembeli/@anggundiary
Terkait harga juga cukup terjangkau, sepiring nasi goreng babat hanya dipatok Rp 16.000. Kalau ingin nasi goreng babat tambah telur dadar atau ceplok hanya perlu merogoh kocek Rp 20.000. Sedangkan, bagi penggemar nasi goreng babat pete cukup siapkan uang Rp 24.000. Sebagai teman makan nasi goreng disediakan kerupuk, acar, dan irisan kol mentah gratis dan bisa tambah sesuka hati.
menyajikan nasi goreng/@anggundiary
Pak Bandi juga melayani para penggemar nasi goreng Semarangan yang tidak suka dengan jeroan. Dia menyediakan nasi goreng ayam atau nasi goreng telor dengan harga yang sama-sama terjangkau. Semua permintaan pembeli selalu dilayani Pak Bandi agar mereka kembali.







1 comments

  1. "izin share ya admin :)
    buruan gabung bersama kami,aman dan terpercaya
    ayuk... daftar, main dan menangkan
    Line : agen365
    WA : +855 87781483 :)
    Silakan di add ya contaknya dan Bergabung juga ya :)"

    BalasHapus