NANTA SHOW: Musikalisasi Parodi Perang Alat Dapur


Pertunjukan Nanta Show di K-Festival & Enjoy!Gangwon
DAPUR ternyata tidak hanya menjadi tempat beraktivitas memasak. Kegaduhan piranti memasak di dapur juga bisa menjadi sebuah pertunjukan musikalisasi dan parodi drama yang mampu mengocok perut penonton.



Seperti pertunjukan Nanta Show di acara K-Festival & Enjoy! Gangwon di Lotte Shopping Avenue Jakarta, akhir pekan lalu. Pertunjukan asal Korea Selatan yang menggabungkan atraksi akrobat, trik sulap, komedi, pantomim itu berhasil menghibur penonton yang hadir.
Pertunjukan berawal saat tiga laki-laki dan satu perempuan berpakaian koki sambil membawa piring, mangkok, panci, ember hingga galon air yang dipukul dengan sendok dan pisau dapur berjalan menaiki panggung. Mereka mengetuk dan memukul hingga menimbulkan irama yang tidak sembarangan tetapi malah enak didengar. 



Kemudian, di atas panggung mereka melakukan atraksi layaknya orang memasak di dapur namun tetap menonjolkan keahlian bermain musik. Sambil memasak empat koki itu juga melakukan tingkah lucu melalui ekspresi wajah mereka sehingga membuat penonton tertawa terpingkal-pingkal. 



Ya, pertunjukan non verbal ini selalu sukses menghibur para penontonnya. Penikmatnya pun tidak mengenal usia. Di negeri asalnya Korea pertunjukan ini dapat dinikmati di tiga teater berbeda. Antara lain, di Myeon Dong Nanta Theater, Chungjeongno Nanta Theater, dan Jeju Nanta Theater. Sehingga tidak heran, jika hingga saat ini sudah tujuh juta orang di dunia yang menyaksikan pertunjukan tersebut baik turis ataupun masyarakat lokal.



Beruntungnya, pada acara K-Festival & Enjoy! Gangwon yang digelar 1-3 Mei lalu pertunjukan ini dapat disaksikan secara gratis tanpa dipungut biaya. Bahkan, Nanta Show tampil dua kali dalam sehari. 
Pertunjukan yang berlangsung selama kurang lebih satu jam itu juga melibatkan penonton. Mereka menghibur hingga akhir acara dan para penonton merasa puas walaupun tidak paham dengan bahasa Korea.



Sementara itu, pertunjukan Nanta Show ini bagian dari rangkaian acara K-Festival & Enjoy! Gangwon yang diselenggarakan Korea Tourism Organization (KTO) bekerja sama dengan Pemerintah Provinsi Gangwon dan didukung sepenuhnya oleh Kedutaan Besar Korea serta Korean Cultural Center Indonesia (KCCI). KTO Jakarta menyelenggarakan dengan tujuan untuk memperkenalkan Korea kepada masyarakat Indonesia sehingga harapannya akan terus terjadi peningkatan kunjungan wisatawan Indonesia ke Negeri Ginseng tersebut di masa yang akan datang. 

*Artikel ini juga dimuat di Harian Suara Merdeka, Selasa (5/5/2015) di Halaman 19. 

0 comments