Ini Kesan Saya Saat Naik Korea Subway


Subway Station menuju Insadong


Kalau ditanya apa yang berkesan saat mengunjungi Korea Selatan? Jawaban saya salah satunya adalah merasakan moda transportasi massal kereta bawah tanah (subway) di Kota Seoul.

Pengalaman menjadi penumpang subway adalah sesuatu yang luar biasa bagi saya karena di kota saya tinggal belum memiliki moda transportasi tersebut. Ini memang bukan pengalaman pertama saya naik subway. Sebelumnya, saya sudah pernah naik subway waktu di Singapura. Saat di Korea Selatan, saya mulai merasakan naik subway sejak dari Bandara Incheon untuk menuju Hongik Station di Hongdae. Ketika menjadi penumpang subway jenis AREX All Stop Train yang berhenti dari satu stasiun ke stasiun lain itu banyak hal yang saya tangkap. Pertama tentu melihat kenyamanan penumpang, mereka tidak kegerahan, ibu hamil dan lansia memiliki tempat duduk khusus, bahkan saking nyamannya saya melihat ada penumpang yang bisa nyambi pakai eyeliner di kereta, hahaha...


Kedua, hal yang berkesan selama menggunakan subway yaitu saat berpindah-pindah dari satu stasiun ke stasiun lain. Mungkin kalau saya sendiri, meski sudah berbekal peta atau aplikasi subway di handphone pasti tetap akan nyasar. Untunglah, saya bersama Mbak Ayu Galuh yang menganggap Korea sebagai kampung halamannya. Jadi kemana-mana bersama dia saya aman, hahaha...


Ketiga, pengalaman menarik dan berkesan lainnya adalah tangga-tangga di subway station yang wowwww banyaknya dan tinggi-tinggi, hahaha...dan tantangan ini mau nggak mau dilewatin saat kita harus berpindah-pindah stasiun. Kita harus naik turun tangga, apalagi saat membawa koper atau barang belanjaan. Tapi bagi saya ini sungguh menyenangkan, dan saya tidak kapok untuk merasakan pengalaman itu lagi, karena mayan bisa bakar lemak dan kalori. 



Oh ya, saat berada di subway saya berasa nonton drama Korea tapi live. Banyak adegan relationship seperti di K-Drama, hahaha....  
Dari semua pengalaman itu ada satu lagi yang tidak terlupakan dan bikin saya kangen pengen pergi ke Korea lagi, yakni lagu-lagu pengantar atau suara pemberitahuan yang memberitahu subway akan tiba atau akan turun dimana.



Rute Baru KTX Jalur Gyeonggang

Berwisata ke Korea untuk urusan transportasi umum memang tak perlu bingung. Bahkan, untuk perjalanan jarak jauh antar kota antar provinsi pun kita bisa memilih mau naik bus atau kereta. Salah satunya kereta cepat Korea Train Express (KTX), dengan moda transportasi ini perjalanan yang kita tempuh bisa lebih singkat dibandingkan naik bus.


Nah, belum lama ini pada 22 Desember Korail mengkonfirmasi bahwa KTX telah beroperasi di Jalur Gyeonggang. Melalui jalur tersebut penumpang akan dapat menikmati akses mudah dari Area Metropolitan Seoul ke kawasan Donghae. Selama ini, untuk menuju daerah Gangwon-do dan Donghae dari Wilayah Metropolitan Seoul hanya bisa dilakukan dengan berkendara mobil atau naik bus melalui jalan bebas hambatan dan naik kereta selama 6 jam. 

KTX di Gyeonggang Line berangkat dari Stasiun Seoul dan Stasiun Cheongnyangni, dengan semua kereta yang berangkat dari Stasiun Seoul dan berhenti di Stasiun Cheongnyangni. Saat ini direncanakan berjalan 18 kali sehari dari Senin sampai Kamis dan 26 kali sehari dari Jumat sampai Minggu, sehingga memungkinkan untuk membawa rata-rata 19.000 penumpang. Tiket kereta ke Stasiun Gangneung akan dikenai biaya 27.600 won dari Stasiun Seoul dan 26.000 won dari Stasiun Cheongnyangni. Biaya tiket KTX dianggap murah dibandingkan pilihan transportasi lainnya dan waktu tempuh mereka (Stasiun Cheongnyangni - Stasiun Jeongdongjin di kereta Mugunghwa, 21.100 won).



Adapun, penambahan operasi KTX di Gyeonggang Line diharapkan dapat mengurangi waktu tempuh transportasi antara Stasiun Seoul dan Gangneung, yakni hanya memakan waktu 1 jam 54 menit (1 jam 26 menit berangkat dari Stasiun Cheongnyangni). Sehingga, memungkinkan pengunjung merencanakan perjalanan sehari dari dan ke Gangwon-do. 

Jalur ini tentu juga akan mempermudah wisatawan yang akan hadir pada pagelaran besar Winter Olympic Games 2018 di Pyeongchang Gangwon-do. Operasional tambahan akan dilakukan pada periode Pyeongchang 2018 demi kenyamanan pengunjung yang menghadiri acara Olimpiade. Pengunjung yang tidak dapat memesan akomodasi di dekat tempat acara dapat menggunakan KTX untuk melakukan perjalanan dengan mudah antara tempat dan daerah lainnya.


Selain itu, KTX yang berjalan di Jalur Gyeonggang akan memperluas jalurnya untuk memindahkan penumpang dari Terminal 2 Bandara Internasional Incheon ke Gangneung selama bulan Februari. Rute tersebut berjalan 16 kali sehari, sehingga memungkinkan wisatawan internasional untuk langsung menuju Pyeongchang saat mereka tiba di Korea.
Korea Tourism Organization dan Korail juga telah bergabung untuk merilis PyeongChang Korail Pass khusus wisatawan asing sebagai satu-satunya jalan kereta untuk mengambil KTX yang berjalan di Jalur Gyeonggang. Pass tersebut juga menawarkan hak istimewa kepada pemegang pass selama periode Olimpiade (1 Februari - 25 Maret 2018). Kartu Pass saat ini tersedia untuk pembelian di muka sampai 10 Januari 2018. Pengunjung yang melakukan pembelian terlebih dahulu akan ditawarkan berbagai keistimewaan khusus dari Korea Tourism Organization.

1 comments

  1. Untuk mempermudah kamu bermain guys www.fanspoker.com menghadirkan 6 permainan hanya dalam 1 ID 1 APLIKASI guys,,,
    dimana lagi kalau bukan di www.fanspoker.com
    WA : +855964283802 || LINE : +855964283802 ||

    BalasHapus