Musim Panas di Korea? Jangan Lewatkan Kuliner Ini!


Bahagia banget dengar pariwisata Korea mulai pulih dari wabah MERS. Ya, meskipun wabah tersebut sempat berdampak pada industri pariwisata, penerbangan hingga distribusi ke Korea, kini semua mulai kembali beraktivitas normal. Bahkan jumlah kunjungan wisatawan ke Negeri Ginseng juga mulai ada peningkatan.

Dengan begitu, tidak perlu ada kekhawatiran bagi calon wisatawan yang sekarang ingin pergi kesana. Nah, kebetulan saat ini Korea sedang musim panas. Musim panas di Korea berlangsung antara bulan Juni-Agustus dengan suhu rata-rata 31-38 derajat celcius. Wow, panas sekali ya dan hampir sama dengan di Indonesia.

Maka, bagi wisatawan yang hendak atau tengah berkunjung ke Korea saat musim panas jangan sampai salah kostum. Tidak perlu bawa mantel tebal, tetapi gunakan saja baju/kemeja lengan pendek dan kacamata anti ultraviolet serta topi.

Nah, saat sinar matahari berlimpah ruah pada musim panas di Korea, bagi wisatawan yang sedang berkunjung kesana jangan lupa nikmati beberapa kuliner yang nikmat, segar, sedap, sekaligus menaikkan stamina. Berikut daftar kuliner khas Korea yang bisa dinikmati

1.     Samgyetang
Samgyetang

Melihat wujud makanan ini saat disajikan pasti langsung teringat pada makanan yang dihidangkan kepada raja-raja di drama Korea. 

Samgyetang adalah salah satu makanan tradisional Korea yang sangat baik untuk kesehatan. Hidangan ini merupakan sup yang terbuat dari ayam muda dan ginseng serta rempah-rempah khas Korea. Ayam muda sebagai bahan utama perutnya diisi dengan beras, bawang putih, jujube, jahe, akar licorice, ginseng dan rempah-rempah lain. 

Makanan ini dipercaya dapat menghangatkan serta menjaga stamina tubuh saat musim panas. Sehingga akan semakin nikmat jika disajikan dan disantap dalam keadaan hangat.

2.     Naengmyeon
Naengmyeon

Mie kok dingin? Ya, begitulah cara orang Korea menikmati hidangan mie saat musim panas. Mie dingin tersebut bernama Naengmyeon.

Ada dua jenis Naengmyeon, yaitu Mul Naengmyeon yang terbuat dari kuah kaldu, daging serta sayuran dan Bibim Naengmyeon yang merupakan mie dingin dengan campuran saus cabai pedas. Pasti kalian sudah membayangkan bagaimana segarnya kuliner tersebut dan menikmatinya di siang hari bolong saat matahari terik. Slurrpppp…

Konon, makanan ini sangat populer saat Perang Korea dan aslinya berasal dari Kaorea Utara. Untuk mempertahankan dinginnya, Naengmyeon disajikan di mangkuk stainless steel dengan tambahan irisan timun, buah pir dan telur rebus. Filosofi makan mie, tentu saja agar panjang umur dan selalu sehat.   

Oh ya selain Naengmyeon, hidangan mie yang menjadi favorit saat musim panas antara lain, Kimchi Mari-guksu, Memilmak-guksu, Kong-guksu, Dak-kalguksu, Chogyeguksu, Jjolmyeon, dan masih banyak lagi.

3.     Jangeo Gui
Jangeo Gui

Belut kalau di Jawa Indonesia pasti sudah dimasak Sayur Mangut, hehehe…tapi di Korea makanan ini menjadi favorit saat musim panas. 

Jangeo Gui merupakan daging belut yang dipanggang dan diolesin saus campuran aneka bahan seperti, pasta cabai, gula, kecap, lada, bawang putih, jahe dan minyak wijen. Kuliner ini cocok disandingkan dengan nasi panas dan kimchi. 

Adapun, dalam seporsi makanan ini mengandung Vitamin A dan E yang sangat baik untuk sirkulasi darah dan bermanfaat mengembalikan kondisi tubuh yang lemas saat musim panas.

4.     Dotorimuk
Dotorimuk

Dotorimuk adalah makanan yang terbuat dari jelly yang berasal dari biji pohon ek. Setelah jelly tersebut dipotong-potong, kemudian dicampur dengan berbagai macam sayuran seperti, bawang Bombay, lettuce, zucchini, cabai hijau, daun bawang, dan cabai merah. 

Untuk bumbunya adalah campuran dari minyak wijen, bubuk merica, biji wijen, bawang putih, cabai merah, dan lainnya. Dotorimuk yang bentuknya lebih menyerupai salad ini memang cocok jika disantap dingin, sehingga sangat menyegarkan saat cuaca sedang panas-panasnya.


5.     Patbingsu
Patbingsu

Pas musim kemarau di Indonesia memang paling nikmat minum Es Teler atau Es Cendol. Kalau di Korea, minum es juga menjadi favorit saat musim panas. 

Nah, hidangan es di Negeri Kimchi yang sangat populer adalah Patbingsu. Patbingsu adalah es campur ala Korea yang terbuat dari es batu, buah, tteok (kue beras), kacang merah, susu manis, dan sirup.

Kendati demikian, Patbingsu juga makin kekinian karena isinya dimodifikasi dengan bahan lain seperti, es krim, biskuit, jelly, atau sereal. Sehingga, makin membuat air liur menetes walau hanya dengan melihat penampakannya.


Ayooo, sebelum air liurmu makin membanjir, pas berkunjung ke Korea jangan lewatkan kuliner-kuliner tersebut dan mampir ke rumah makan atau kafe-kafe yang menjualnya. Bagi yang di Indonesia, dan kini juga sedang berlangsung musim kemarau, come on…segera meluncur ke restoran atau kafe yang juga menjual hidangan Korea untuk menikmati musim panas ala ala Negeri Ginseng.

Ice Cream juseyo oppa...^^

0 comments