Menilik Seni di Bukit Jatiwayang

Seni mural karya seniman visual di Kampung Jatiwayang Ngemplak Simongan Semarang
TIDAK perlu ruang khusus untuk berkarya dan berkesenian. Bahkan di area perkampungan para 'seniman jalanan' dapat mengekspresikan karya-karyanya dan dinikmati oleh masyarakat sekalipun yang tidak mengerti seni.

Instalasi seni di Festival Arus Bukit Jatiwayang Ngemplak Simongan Semarang
Semalam saya turut menilik karya 23 seniman visual dan 24 seniman pertunjukan di Festival Arus Bukit Jatiwayang di Ngemplak Simongan Semarang. Lokasi itu tidak jauh dari rumah, tidak ada 10 menit dengan motoran sudah sampai ke kampung sebelah yang punya 'gawe' tersebut.

Salah satu rumah warga Srinindito Timur Kampung Jatiwayang yang diberdayakan sebagai ruang seni bagi anak-anak untuk menggambar

Penjor, lampu-lampu, dan instalasi yang 'nyeni banget' sudah menyambut sejak memasuki area acara dari Pasar Beka Simongan. Hingga sampai ke Jalan Srinindito Timur, suasana kampung dengan medan berbukit itu makin meriah terbungkus seni yang ingin dipahami. 

Pengunjung sedang melihat karya mural di Festival Arus Bukit Jatiwayang
Melewati gang-gang menanjak, tampak tembok-tembok rumah warga tergambar mural dengan berbagai cerita. 
Saya masuk di teras rumah warga yang tampak ramai. Anak-anak sedang bergantian mewarnai gambar dengan spidol aneka warna pada kertas putih bertulis Jatiwayang. Mendengar percakapan mereka beradu argumen dalam memilih warna dan ada juga protes kenapa gambarnya tak terpajang di tembok pamer.

Misi Festival Arus Bukit Jatiwayang

Tak selesai disana, sebelum menuju ke panggung puncak acara yang berhias lentera damar kurung, lagi-lagi ada ruang persinggahan yang memajang puisi-puisi tentang bumi.

Panggung pertunjukkan dalam Festival Arus Bukit Jatiwayang
Perhelatan yang diinisiasi Kolektif Hysteria bersama warga Kampung Jatiwayang Ngemplak Simongan Semarang itu  berlangsung, 24-25 Agustus 2019. Namun, kegiatan yang didukung oleh Direktorat Kesenian Ditjen Kebudayaan Kemendikbud itu sebenarnya sudah berjalan sejak 3 Agustus 2019.

Puisi Bumi di Festival Arus Bukit Jatiwayang

Dari waktu itu para seniman sudah melakukan residensi di kampung Jatiwayang. Menyiapkan ekhibisi, menghias kampung ala para penggiat seni visual jalanan dan seni urban yang kerap berkreasi dan berekspresi melakukan praktek kesenian di ruang publik atau di sudut-sudut kota. 

Kampung Halaman Jatiwayang adalah permukiman yang berada di wilayah perbukitan di Semarang
Festival Arus Bukit ini memang sengaja digelar untuk mengenalkan Kampung Jatiwayang sebagai salah satu kawasan perbukitan di Kota Semarang. Sebab, Semarang sendiri memang sebenarnya memiliki karakter sebagai kota bukit.

Diketahui, selama ini jarang sekali topografi ini dianggap sebagai penanda kota atau branding. Sehingga, melalui kegiatan ini Jatiwayang bisa berdaya kembali sekaligus sebagai tempat aktivitas kesenian. 

Inisiator Festival Arus Bukit Jatiwayang, Adin mengatakan, alasannya memilih Jatiwayang dalam festival tersebut karena kampung itu merupakan bagian dari jaringan yang bekerja sama dengan Hysteria. Selain itu, baru kali ini pihaknya menggelar kegiatan di kawasan bukit.

''Sebelumnya, kami menggelar di Kemijen sebagai kawasan pesisir, Bustaman sebagai daerah Kampung Kota, Nongko Sawit sebagai kawasan pegunungan. Sedangkan, perbukitan belum pernah. Kami berharap ke depan Jatiwayang bisa menjadi pintu masuk untuk mengaktivasi kawasan bukit di Semarang, apalagi di Semarang adalah kota bukit. Sehingga, kami pengen mengingatkan ke masyarakat eh bukit ada lho dimana disana juga ada manusia dan budaya yang bisa kita berdayakan,'' tuturnya yang juga Direktur Kolektif Hysteria. 


4 comments

  1. Waaah kreatif ya, thanks for share..
    Kunjungi juga http://bit.ly/2F3UmIv

    BalasHapus
  2. Untuk mempermudah kamu bermain guys www.fanspoker.com menghadirkan 6 permainan hanya dalam 1 ID 1 APLIKASI guys,,,
    dimana lagi kalau bukan di www.fanspoker.com
    WA : +855964283802 || LINE : +855964283802 ||

    BalasHapus
  3. "izin share ya admin :)
    buruan gabung bersama kami,aman dan terpercaya
    ayuk... daftar, main dan menangkan
    Line : agen365
    WA : +855 87781483 :)
    Silakan di add ya contaknya dan Bergabung juga ya :)"

    BalasHapus